Tips memberi les gratis

teacher

Biasanya ngajar saudara sendiri tuh ga akan minta bayaran kan… (misalnya ngajarin adik atau sepupu). tapi problem utamanya adalah MALES, baik itu yang mengajar maupun yang diajar, apalagi kalo ga ditentuin jadwal  lesnya. dijamin ga akan jadi-jadi deh. ternyata ada satu cara yang bisa membuat guru maupun muridnya jadi disiplin belajar dan mengajar. UUD sih …* ujung-ujungnya duit. tapi duit disini hanya sebagai sangsi. *intinya orang tuh takut kehilangan duit dan senang menerima duit*  f (^_^). Aku menerapkan cara ini kepada dua muridku untuk belajar membuat blog dan pemrograman web, muridku adalah adikku dan sepupuku sendiri.

Begini caranya:

– langkah pertama adalah menentukan jadwal les untuk setiap minggunya, supaya les bisa disiplin.

– kedua adalah deposit, yaitu dengan menyerahkan deposit sejumlah uang yang nominalnya lumayan besar kepada sang guru. jumlahnya tergantung finansial si murid, bagi dia berapa nilai uang yang dianggap besar? dalam kasusku ini ada dua murid yang satu harus deposit 700rb dan satu lagi 300rb. soalnya kalo jumlahnya terlalu kecil dan gampang dibayar, maka si murid akan menyepelekan les tersebut. Deposit ini akan dikembalikan saat materi les tuntas diajarkan (beri jangka waktu, misalnya 3 bulan). kalo muridnya males di tengah jalan dan ga mau melanjutkan les, ya uangnya buat gurunya… hehehehe…piss  (^_^)v

– ketiga adalah denda. denda rp.10rb apabila tidak mengerjakan tugas tepat pada waktu yang ditentukan. lumayan kan kalo ga ngerjain tugas 5 kali jadi 50rb. hehhehe. asalnya mau kuberlakukan denda dua kali lipat apabila ga mengerjakan tugas untuk kali kedua dst –> maksudnya kalo murid sudah pernah ga mengerjakan tugas sekali, maka denda berikutnya adalah 20rb begitu seterusnya. tapi denda dua kali lipat ini ga jadi kuberlakukan soalnya diprotes keras sama salah satu muridku. *dasarnya dia mungkin sudah berniat melanggar kali* :p akhirnya kuberi sangsi aja, kalo tugasnya ga dikerjain, maka harus bayar denda plus ga akan diajarkan materi lanjutannya sampe tugas itu benar-benar selesai dikerjakan.  \(^Q^)/ horeee *senangnya jadi guru bisa memberi hukuman*

Cara ini cukup ampuh membuat kita disiplin belajar dan mengajar. para murid pada stress kalo udah deadline, terus ngerjainnya jadi serius buanget deh, soalnya takut didenda, sedangkan sang guru menanti uang denda. wkwkwkwk  $_$ dijamin diberi tugas sebanyak apapun pasti dikerjain deh!

hasilnya para muridku ini sekarang udah bisa bikin blog loh.. ini dia blognya :
blog sepupuku
blog adikku

itu adalah hasil jerih payah mereka diajar oleh guru yang galak  tapi baik hati (^-^)v *psst… ada yang kena denda juga tuh gara-gara ngerjain tugas mepet-mepet waktu jadi wee ga selesai. alhamdulillah dapet 10 rb, lumayan buat beli baso tahu.

hehehe.. mudah-mudahan tips ini berguna untuk teman-teman yang ga bisa disiplin mengajar atau belajar sama saudara sendiri atau siapapun yang mau diajar dengan gratis.

note:  problemnya kalo muridnya masih kecil banget. sampai saat ini aku masih belum bisa disiplin ngajar piano keponakanku yang masih umur 4 tahun, masalah utamanya sih: waktunya ga bisa diatur *waktunya les dia malah maen game atau tidur* plus anak balita kan ga bisa dikasi sangsi denda dan uang deposit.  dan akunya juga suka malesy (*^~^*)  so tips diatas hanya untuk orang dewasa aja atau anak yang udah agak besar-mulai sd  *yang dipalakin ortunya aja* hehehehe $$_$$ .

image source:http://public.sd43.bc.ca/middle/PittRiver/jaibatchand_homework/Site%20Pictures/Teacher_Cartoon.jpg

1 Komentar (+add yours?)

  1. djuppa
    Feb 02, 2010 @ 23:04:30

    wahaha. . . . . alhamdulillahnya aku ga jadi kena sangsi tuh coz tugasnya dah di kerjain walaupun muepet banget. . . .
    emang guru plus kakak sepupuku yang satu ini ga da duanya deh!!!! cerewetnya matsyaAllah. . . %-o
    peacelah :p

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: